Saturday 29 November 2014

SEJARAH KERAJAAN ISLAM, KERAJAAN KUTAI KARTANEGARA



ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH
Dalam Postingan Kali ini saya akan membahas tentang, SEJARAH KERAJAAN ISLAM,KERAJAAN KUTAI KARTANEGARA

MASA KEJAYAAN KERAJAAN KUTAI KARTANEGARA 
Kesultanan Kutai kartanegara adlah kerajaan yang bercorak Islam, untuk kelestarian budaya dan adat keratin, maka sejak tahun 2001, kesultanan ini dihidupkan kembali, pada tanggal 22 September 2001, Putra Mahkota H. Adji pangeran Praboe Anoem Soerya Adiningrat diangkat sebagai Sultan Kutai kartanegara ing Martadipura, gelarnya adalah sebagai H. Adji Mohamad Solehudin II. Dengan diangkatnya beliau sebagai Sultan Kutai, menjadi tanda bahwa Kesultanan Kutai berdiri kembali
SEJARAH KERAJAAN ISLAM, KERAJAAN KUTAI KARTANEGARA
Kesultanan kutai Kartanegara Berdiri pada abad ke-13, letaknya da di tepian batu. Kecamatan Anggana Sekarang. Rajanya yang pertama adalah Aji Batara Agung Dewa Sakti (1300-1325).

Kerajaan Kutai Kartanegara pernah menaklukan kerajaan Kutai byang bercorak HinduBudha (Kutai Martadipura) pada abad ke 16, ketika itukesultanan kutai dipimpin oleh Aji Pangeran Sinum Panji Mendapa. Kedua kerajaan inipun disatukan dan diberi nama kerajaan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Mulai abad ke 17, agama Islam diteima di Kerajaan Kutai Kartanegara dibawa oleh Tuan Tunggang Parangan, baru setelah islam masuk, sebutan raja diganti menjadi Sultan  Haji Mohamad Idris (1735-1778) adalah Sultan pertama yang menggunakan nama Islam, sejak saat itu, kerajaan pun dirubah menjadi Kesultanan.


No comments:

Post a Comment