Saturday 29 November 2014

SEJARAH KERAJAAN ISLAM, KERAJAAN SAMUDERA PASAI



ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABAROKATUH
di postingan ini saya akan membahas tentang SEJARAH KERAJAAN ISLAM, KERAJAAN SAMUDERA PASAI

SEJARAH KERAJAAN SAMUDERA PASAI
Kerajaan samudera Pasai adalah kerajaan pertama di Indonesia. Berdiri pada abad ke 3 M, kerajaan pasai dikenal juga dengan kerajaan Samudera Darussalam, terletak di pesisir utara Sumatra atau di kota Lhok Seumawe (sekarang)

SEJARAH KERAJAAN ISLAM, KERAJAAN SAMUDERA PASAI


Sebenarnya, sebelum kerajaan pasai berdiri sudah terbentuk beberapa kerajaan kecil, diantaranya ada yang menjadi besar dan kuat seperti kerajaan Perlak (Peureula).

Raja pertama kerajaan Samudra Pasai adalah  Sultan Malik As-Saleh, sebelum menganut islam namanya adalah Meurah Silu.l gelah Malik As-Saleh diberikan Oleh Syekh ismail,syekh Ismail juga membimbing sultan Malik dalam mendirikan Samudera Pasai. Gelar sultan malik As-saleh dapat dibuktikan dari batu Nisan yang ditemukan dikampung Samudera, sebelah kiri Sungai Pasai. Batu Nisan itub tercatat pada tahun 653 Hijriah ( tahun Islam ) atau 1297M.

Setelah sultan Malik Meninggal dunia pada tahun 1297, lalu iapun digantikan oleh sultan Muhammad Malik At-Thahin baian Syah, putranya, ia lebih dikenal namanya dengan Sultan Malik AtThahir.

Raja baru ini ternyata tidak bias membawa Samudera Pasai menjadi maju, tidak seperti pada saat ayahnya masih berkuasa. Sultan malik At-Thahir berkuasa di Samudera Pasai sampaitahun 1326. Sultan Malik ini sangat dicintai rakyatnya. Ia sering beribadah bersama rakyatnya, ia memerintah dengan cara yang bijaksana. Lagi pula ia adalah penganut islam yang taat.

Barulah setelah Samudera Pasai diperintah oleh Sultan Ahmad, kerajaanpun menjadi maju, pada masa inilah Ibnu Batutah, seorang musafir Arab terkenal, berkunjung ke Samudera Pasai. Dalam laporannya Ibnu Baututah  menuliskan bahwa Islam berkembang dengan baik dan pesat di negeri ini. Dalam catatannya pula ia menyebutkan bahwa Sumatra sebagai nama untuk Pulau Andalas.

Ada tiga berita yang menyatakan bahwa pada masa kekuasaan sultan Ahmad, Samudera Pasai sudah bekerja sama dan membuka hubungan dengan Malaka, Jawa, China dan Delhi (India). Hubungan ini lebih menekankan pada bidang pemerintahan , politik, perdagangan , dan keagamaan.

Saat penjajah portugis datang , Samudera Pasai tetap Kukuh dan perkasa, ia dapat mempertahankan pengaruh politik  dan menyebarkan agama Islam ke berbagai daerah di Asia Tenggara. Bahkan pengaruhnya ini  sampai ke Kedah di Semenanjung Malaysia, Kedah dapat dikuasai Samudera Pasai pada tahun 1370 M, saat masa pemerintahan Raja Zainal Abidin tahun (1349-1406 M) .

Pada abad ke 14 , samudera pasai telah memiliki kekuasaan yang cukup besar dan disegani. Kekuasaannya pun meluas sampai melebihi Selat Malaka, Samudera Pasai memiliki peranan penting dalam bidang politik dan perkembangan Islam di Asia tenggara.

Kerajaan Majapahit pernah menyerang kerajaan Samudera Pasai pada tahun 1361 dalam rangka memperluas wilayah kekuasaan , selain dari luar, konflik juga terjadi di dalam Samudera Pasai sendiri, akibat konflik ini Samudera Pasai mengalami kemerosotan Ekonomi, ditengah kemerosotan Portugis datang menyerang (1521), kerajaan Samudera Pasai pun Lumpuh. Kerajaan Samudera Pasai akhirnya berada di bawah kekuasaan kerajaan Aceh.
SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment